RPP MENULIS PARAGRAF DESKRPI
Nama: Sehat S. M Silalahi
NPM : 12110287
Dosen: Beslina Siagian, S. Pd., M. Si.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 1 x 30menit
Kemampuan : Berbahasa
A. Standar Kompetensi:
Menulis : Menulis Paragraf Deskriptif
B. Kompetensi Dasar:
mengidentifikasi paragraf deskriptif dan menganalisis paragraf deskripsi berdasarkan gambar.
C. Indikator:
1. Kognitif
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskriptif melalui contoh paragraf deskriptif
Memahami proses kreatif penulisan paragraf deskriptif
Mengidentifikasi pola pengembangan karangan deskriptif
2. Psikomotor
Menulis paragraf deskrifsi berdasarkan gambar
3. Afektif
a. Karakter
Kerja sama
· Tanggung jawab
· Rasa ingin tahu
b. Keterampilan Sosial
· Bertanya dengan bahasa yang santun
· Menyumbang ide
· Membantu teman yang mengalami kesulitan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif
· Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskripsi melalui contoh paragraf deskriptif
· Menulis paragraf Deskriptif
Psikomotor
· Siswa dapat menulis sebuah paragraf deskripsi
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku, seperti bertanggung jawab, jujur, teliti, rasa ingin tahu
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang santun, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan, menghargai pendapat orang lain.
E. MATERI PEMBELAJARAN
· ciri-ciri paragraf deskriptif
· Proses kreatif penulisan paragraf deskriptif berdasarkan gambar
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
· Model : Kooperatif
· Pendekatan :
· Metode : Consept Sentence
G. BAHAN
Spidol, kertas
H. ALAT
Whiteboard
I. LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
1. Guru mengkondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta menjelaskan mengulas pelajaran sebelumnya
2. Guru memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Guru menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu individu
A. EKSPLORASI
1. Guru menunjukkan sebuah gambar.
2. Siswa disuruh mengamati gambar tersebut
3. Guru menyuruh siswa menulis paragraf deskripsi sesuai dengan gambar yang
disajikan oleh guru
4. Guru mengumpulkan tugas yg telah selesai dikerjakan oleh siswa
B. ELABORASI DAN KOLABORASI
4. Setiap siswa membacakan hasil tugasnya mengenai paragraf deskripsi.
C. KONFIRMASI
6. Setiap siswa dapat menulis paragraf deskripsi
KEGIATAN PENUTUP
1. Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya.
2. Guru memberikan penguatan
3. Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa indonesia yang santun sebagai kegiatan refleksi.
4. Guru memberikan tugas untuk membuat sebuah paragraf deskripsi secara individual.
J. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Lembar Kerja
2. LP 1 = kognitif: produk
3. LP 2 = kognitif: proses
4. LP 3 = psikomotor
5. LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6. LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7. Silabus
K. PENILAIAN
Jenis Tagihan:
· Tugas individu: menggunakan LP 1, LP 4, dan LP 5
· Tugas kelompok: menggunakan LP 2 dan LP 3
· Ulangan: lembar kerja
Bentuk Instrumen:
· Uraian bebas
· Jawaban singkat
· Lembar pengamatan
Paragraf Deskripsi
Karangan jenis ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri seperti:
menggambarkan sesuatu
penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
Pola pengembangan paragraf deskripsi:
Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Langkah menyusun deskripsi:
1. Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
2. Tentukan tujuan
3. Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
4. Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)
5. Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Contoh Narasi / karangan deskripsi : Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara - suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang - orang yang masi tidur. serta dapat ku lihat burung - burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.
53h4t_sm766hi di 3/10/2015 09:34:00 PM
Berbagi
Tidak ada komentar:
Poskan Komentar
Link ke posting ini
Buat sebuah Link
›
Beranda
Lihat versi web
“TIADA KEBAHAGIAAN TANPA PENDERITAAN”, KESENGSARAAN pada akhirnya MEMBAWA NIKMAT !!!
53h4t_sm766hi
medan, sumut, Indonesia
intr0ducing my seLf nama saya : SEHAT . S . M . SILALAHI saya anak ke-2 dari 5 bersaudara : cita-cita saya ingin menjadi : GURU PNS tuk mencerdaskan anak bangsa, terutama ingin membanggakan kedua ortu_ku (Mama & bapak_ku). sehari-hari_ku saya kuLiah, sepulang kuLiah saya membantu Ortu_ku. darisitu saya sudah merasakan hujan & terik matahari daLam susah mencari Rupiah. yg saya pinta tuk keLuarga_ku : saya ingin keLuarga kami sehat sehat seLaLu, murah rezeki & sukacita mengurapi keLuarga kami, terutama saya berharap Tuhan mengkaruniakan Umur yg panjang pada ke-2 ortu_ku, amin. pendidikan : 1. Universitas HKBP Nomensen FKIP (sekarang s/d....wisuda) 2. SMA NEGERI-1 BATANG KUIS ( 2008 s/d 2011) 3. SMP KATOLIK SANTA LUSIA ( 2006 s/d 2008 ) 4. SD NEGERI 106812 BANDAR KHALIPA ( 2000 s/d 2006 ) mau tau Lebih Lanjut tentang saya, Lihat dza sendri...!!!
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Nama: Sehat S. M Silalahi
NPM : 12110287
Dosen: Beslina Siagian, S. Pd., M. Si.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 1 x 30menit
Kemampuan : Berbahasa
A. Standar Kompetensi:
Menulis : Menulis Paragraf Deskriptif
B. Kompetensi Dasar:
mengidentifikasi paragraf deskriptif dan menganalisis paragraf deskripsi berdasarkan gambar.
C. Indikator:
1. Kognitif
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskriptif melalui contoh paragraf deskriptif
Memahami proses kreatif penulisan paragraf deskriptif
Mengidentifikasi pola pengembangan karangan deskriptif
2. Psikomotor
Menulis paragraf deskrifsi berdasarkan gambar
3. Afektif
a. Karakter
Kerja sama
· Tanggung jawab
· Rasa ingin tahu
b. Keterampilan Sosial
· Bertanya dengan bahasa yang santun
· Menyumbang ide
· Membantu teman yang mengalami kesulitan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif
· Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskripsi melalui contoh paragraf deskriptif
· Menulis paragraf Deskriptif
Psikomotor
· Siswa dapat menulis sebuah paragraf deskripsi
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku, seperti bertanggung jawab, jujur, teliti, rasa ingin tahu
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang santun, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan, menghargai pendapat orang lain.
E. MATERI PEMBELAJARAN
· ciri-ciri paragraf deskriptif
· Proses kreatif penulisan paragraf deskriptif berdasarkan gambar
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
· Model : Kooperatif
· Pendekatan :
· Metode : Consept Sentence
G. BAHAN
Spidol, kertas
H. ALAT
Whiteboard
I. LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
1. Guru mengkondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta menjelaskan mengulas pelajaran sebelumnya
2. Guru memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Guru menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu individu
A. EKSPLORASI
1. Guru menunjukkan sebuah gambar.
2. Siswa disuruh mengamati gambar tersebut
3. Guru menyuruh siswa menulis paragraf deskripsi sesuai dengan gambar yang
disajikan oleh guru
4. Guru mengumpulkan tugas yg telah selesai dikerjakan oleh siswa
B. ELABORASI DAN KOLABORASI
4. Setiap siswa membacakan hasil tugasnya mengenai paragraf deskripsi.
C. KONFIRMASI
6. Setiap siswa dapat menulis paragraf deskripsi
KEGIATAN PENUTUP
1. Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya.
2. Guru memberikan penguatan
3. Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa indonesia yang santun sebagai kegiatan refleksi.
4. Guru memberikan tugas untuk membuat sebuah paragraf deskripsi secara individual.
J. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Lembar Kerja
2. LP 1 = kognitif: produk
3. LP 2 = kognitif: proses
4. LP 3 = psikomotor
5. LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6. LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7. Silabus
K. PENILAIAN
Jenis Tagihan:
· Tugas individu: menggunakan LP 1, LP 4, dan LP 5
· Tugas kelompok: menggunakan LP 2 dan LP 3
· Ulangan: lembar kerja
Bentuk Instrumen:
· Uraian bebas
· Jawaban singkat
· Lembar pengamatan
Paragraf Deskripsi
Karangan jenis ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri seperti:
menggambarkan sesuatu
penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
Pola pengembangan paragraf deskripsi:
Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Langkah menyusun deskripsi:
1. Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
2. Tentukan tujuan
3. Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
4. Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)
5. Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Contoh Narasi / karangan deskripsi : Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara - suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang - orang yang masi tidur. serta dapat ku lihat burung - burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.
53h4t_sm766hi di 3/10/2015 09:34:00 PM
Berbagi
Tidak ada komentar:
Poskan Komentar
Link ke posting ini
Buat sebuah Link
›
Beranda
Lihat versi web
“TIADA KEBAHAGIAAN TANPA PENDERITAAN”, KESENGSARAAN pada akhirnya MEMBAWA NIKMAT !!!
53h4t_sm766hi
medan, sumut, Indonesia
intr0ducing my seLf nama saya : SEHAT . S . M . SILALAHI saya anak ke-2 dari 5 bersaudara : cita-cita saya ingin menjadi : GURU PNS tuk mencerdaskan anak bangsa, terutama ingin membanggakan kedua ortu_ku (Mama & bapak_ku). sehari-hari_ku saya kuLiah, sepulang kuLiah saya membantu Ortu_ku. darisitu saya sudah merasakan hujan & terik matahari daLam susah mencari Rupiah. yg saya pinta tuk keLuarga_ku : saya ingin keLuarga kami sehat sehat seLaLu, murah rezeki & sukacita mengurapi keLuarga kami, terutama saya berharap Tuhan mengkaruniakan Umur yg panjang pada ke-2 ortu_ku, amin. pendidikan : 1. Universitas HKBP Nomensen FKIP (sekarang s/d....wisuda) 2. SMA NEGERI-1 BATANG KUIS ( 2008 s/d 2011) 3. SMP KATOLIK SANTA LUSIA ( 2006 s/d 2008 ) 4. SD NEGERI 106812 BANDAR KHALIPA ( 2000 s/d 2006 ) mau tau Lebih Lanjut tentang saya, Lihat dza sendri...!!!
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Komentar
Posting Komentar