RPP MENULIS PARAGRAF DESKRPSI

Nama: Sehat S. M Silalahi
NPM : 12110287
Dosen: Beslina Siagian, S. Pd., M. Si.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan         : SMA
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : X/1
Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit
Kemampuan                   : Berbahasa

A.    Standar Kompetensi:
 Menulis : Menulis Paragraf Deskriptif                      
B.     Kompetensi Dasar:
mengidentifikasi paragraf deskriptif dan menganalisis paragraf deskripsi berdasarkan gambar.
C. Indikator:
1.      Kognitif
·         Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskriptif melalui contoh paragraf deskriptif
·         Memahami proses kreatif penulisan paragraf deskriptif
·         Mengidentifikasi pola pengembangan karangan deskriptif
2.      Psikomotor
·         Menulis paragraf deskrifsi berdasarkan gambar
3.      Afektif
a.      Karakter
·         Kerja sama
·         Tanggung jawab
·         Rasa ingin tahu
b.      Keterampilan Sosial
·         Bertanya dengan bahasa yang santun
·         Menyumbang ide
·         Membantu teman yang mengalami kesulitan
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif
·         Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskripsi melalui contoh paragraf deskriptif
·         Menulis paragraf Deskriptif
Psikomotor
·      Siswa dapat menulis sebuah paragraf deskripsi
Afektif
a.      Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku, seperti bertanggung jawab, jujur, teliti, rasa ingin tahu
b.      Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang santun, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan, menghargai pendapat orang lain.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
·         ciri-ciri paragraf deskriptif
·          Proses kreatif penulisan paragraf deskriptif berdasarkan gambar
F.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
·   Model              : Kooperatif
·         Pendekatan  :
·         Metode         : Consept Sentence
G.    BAHAN
Spidol, kertas , lem,
H.    ALAT
Komputer dan LCD
I.        LANGKAH PEMBELAJARAN
            KEGIATAN AWAL
1.      Guru mengkondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta mempresensi.
2.      Guru memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.      Guru menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu berkelompok.
KEGIATAN/INTI
            A. EKSPLORASI
1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari beberapa orang secara heterogen.
2. Guru memberikan kartu yang berisi beberapa kata kunci sesuai dengan materi yang disajikan.
3. Setiap kelompok diminta membuat beberapa kalimat  berdasarkan  kata kunci yang diberikan.
B. ELABORASI DAN KOLABORASI
4. Setiap kelompok membahas materi tersebut secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab, teliti, dan kreatif.
5. Siswa menyusun kalimat tersebut menjadi paragraf deskripsi
C. KONFIRMASI
6.  Setiap siswa menyumbangkan ide dan mencatat hasil diskusi
7. secara klasikal siswa membahas hasil kerjanya dengan menggunakan bahasa   yang santun


KEGIATAN PENUTUP
1.      Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya.
2.      Guru memberikan penguatan
3.      Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa indonesia yang santun sebagai kegiatan refleksi.
4.      Guru memberikan tugas untuk membuat sebuah paragraf deskripsi secara individual.
J.      SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif: produk
3.      LP 2 = kognitif: proses
4.      LP 3 = psikomotor
5.      LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6.      LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7.      Silabus
K.    PENILAIAN
Jenis Tagihan:
·         Tugas individu:  menggunakan LP 1, LP 4, dan LP 5
·         Tugas kelompok: menggunakan LP 2 dan LP 3
·          Ulangan: lembar kerja
          Bentuk Instrumen:
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat
·         Lembar pengamatan






Paragraf Deskripsi
Karangan jenis ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri seperti:
menggambarkan sesuatu
penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
Pola pengembangan paragraf deskripsi:
Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Langkah menyusun deskripsi:
1.     Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
2.     Tentukan tujuan
3.     Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
4.     Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan)
5.     Menguraikan kerangka karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan
Contoh Narasi / karangan deskripsi : Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara - suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang - orang yang masi tidur. serta dapat ku lihat burung - burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.

Komentar

Postingan Populer