Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )


Sekolah                       :  SMP Negeri 27 Medan
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VIII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan        
Kompetensi Dasar     : 1.1. Menganalisis laporan
Alokasi Waktu           : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A.    Indikator Pembelajaran
1.      Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan kalimat singkat.
2.      Mampu menganalisis pola urutan waktu dan ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan kalimat singkat.
2.      Siswa mampu menganalisis pola urutan waktu dan ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

C.    Materi Pembelajaran
      Penganalisisan laporan  pada buku paket.

D.    Metode Pembelajaran
1.      Pemodelan
2.      Tanya jawab
3.      Inkuiri
4.      Demonstrasi

E.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Apersepsi/ motivasi
2.      Kegiatan Inti
a.      Elaborasi
1)      Guru menjelaskan materi mengenai pokok-pokok  laporan yang akan dianalisis secara berkelompok.
b.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)      Guru memberi tugas untuk menganalisis pokok-pokok  laporan pada buku LKS.
2)      Guru membagi kelompok dengan ketua kelompok.
3)      Guru membagi secarik kertas yang dibagi kepada setiap kelompok dan memberikan petunjuk.
4)      Siswa diajak menganalisis sebuah laporan.
5)      Siswa mampu menuliskan pokok-pokok  laporan yang dianalisis secara berkelompok.
6)      secara berkelompok, Siswa menganalisis pola urutan waktu dan ruang dalam laporan yang dianalisis.
7)      Salah satu siswa membacakan hasil analisis yang telah didiskusikan.
8)      Kelompok lain menanggapi.
9)      Guru memperbaiki hasil analisis.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
2.      Siswa mendapat tugas untuk menuliskan laporan perjalanan.








F.      Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
  1. Bersama-sama dengan Siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar Siswa;
  5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
7.      Menutup pelajaran.

G.    Sumber Belajar
a.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII
b.      Buku Zamrud SMP.












H.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan kalimat singkat
·    Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan yang didengarkan.

Tes lisan


Tes tulis

Dafttar pertanyaan

Uraian

§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!



Mengetahui,
Medan, 11 Agustus 2015
Kepala SMP Negeri 27 Medan                                             Guru Mapel BHS Indonesia.



(__________________________)                                          (_______________________)

NIP / NIK : 19670220 2006042 003                                     NIP / NIK : ..........................
                                                                                               
Mahasiswa PPL


(Sehat Sahat Martua Silalahi)
NIP / NIK :  12110287

Komentar

Postingan Populer