RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: SMP Negeri 27 Medan
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester
: VII/ 1
Waktu
: 6 x 40
menit ( 3 x pertemuan )
A.
Standar Kompetensi:
2.
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan
menyampaikan pengumuman.
B.
Kompetensi Dasar
2.1.
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif secara kreatif
C.
Indikator
(1)
Siswa mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan
(2)
Siswa mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman
melalui tany jawab.
(3)
Siswa mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang
tepat dan kalimat
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif.
E.
Materi Pembelajaran
Pengalaman
yang mengesankan
- Mendengarkan cerita pengalaman pribadi guru yang mengesankan.
- Bertanya jawab tentang cerita pengalaman pribadi guru.
- Menceritakan pengalaman mengesankanyang menyenangkan menyedihkan, mengharukan, dan menakutkan yang pernah dialami siswa.
- Menceritakan pengalaman yang dipilihnya itu di hadapan temannya.
- Mengomentari penampilan teman yang bercerita dari segi pilihan kata dan ketepatan kalimat.
- Merefleksi proses pembelajaran yang telah dilakukan bersama guru.
- Mencari teks cerita yang mengesankan dari majalah/koran secara berkelompok serta membuat sinopsisnya.
F.
Metode Pembelajaran
a.Pemodelan
b.Tanya
jawab
c.Inkuiri
d.Demonstrasi
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Per-
temuan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Aspek
|
|||
K
|
PS
|
PT
|
KS
|
|||
I
|
|
Kooperatif
|
Problem
Solving
|
Pertanyaan
Tingkat Tinggi
|
Karya
Siswa
|
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
II
|
A.Pendahuluan
|
|||||
B.Kegiatan
Inti
|
||||||
1.Eksplorasi
|
||||||
|
||||||
|
||||||
2.Elaborasi
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
C.Kegiatan
Penutup
|
||||||
|
||||||
|
||||||
III
|
A.Pendahuluan
|
|||||
|
||||||
B.Kegiatan
Inti
|
||||||
1.Eksplorasi
|
||||||
majalah/koran
|
||||||
untuk
dibuat sinopsisnya.
|
||||||
2.Elaborasi
|
||||||
|
||||||
menuliskan
hasil sinopsis teks yang dipilh.
|
||||||
c.
Siswa menceritakan pengalaman
yang
dipilihnya di depan kelas.
|
||||||
d.
Siswa mengomentari hasil sinopsis
kelompok
lain .
|
||||||
3.Konfirmasi
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
C.Kegiatan
Penutup
|
||||||
|
||||||
|
H.
Penilaian
1.Instrumen
Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
Skor
|
Siswa
mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok
rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat
efektif.
|
Tes
|
Produk
|
1.
Identifikasikan pokok-pokok pengalaman yang kamu pandang paling mengesankan!
2.
Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkuman cerita. Gunakanlah pilihan
kata yang tepat dan efektif!
3.
Ceritakan pengalamanmu itu secara lisan!
|
2.Rubrik
Penilaian
No
|
Aspek/
Kriteria
|
Tingkat
Kualitas
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Identifikasi
pokok-pokok pengalaman.
|
Mengesankan
|
Cukup
mengesankan
|
Kurang
mengesankan
|
Tidak
mengesankan
|
2
|
Pilihan
kata.
|
Tepat
|
Cukup
tepat
|
Kurang
tepat
|
Tidak
tepat
|
3
|
Keefektifan
kalimat
|
Efektif
|
Cukup
efektif
|
Kurang
efektif
|
Tidak
efektif
|
4
|
Kebermaknaan
Isi
|
Bermakna
dan menimbulkan kesan
|
Bermakna
dan kurang berkesan
|
Kurang
bermakna dan kurang berkesan
|
Tidak
bermakna dan tidak berkesan.
|
Nilai
Akhir: Jumlah skor yang diperoleh X 100%
Skor
maksimal (16)
- Sumber Pembelajaran
1.
Buku Bahasa Indonesia, LKS
2.
Buku Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VII
3.
Majalah / koran.
Mengetahui,
Medan, 11 Agustus 2015
Kepala SMP
Negeri 27 Medan
Guru Mapel BHS Indonesia.
( Hj. Masraya, S. Pd.) (_______________________)
NIP / NIK : 19670220 2006042 003 NIP
/ NIK : ..........................
Mahasiswa PPL
(Sehat Sahat Martua
Silalahi)
NPM: 12110287
Komentar
Posting Komentar